Sejarah Adobe Flash
I. Pengertian
Adobe Flash (dahulu
bernama Macromedia Flash) adalah
salah satu perangkat lunak komputer
yang merupakan produk unggulan Adobe Systems.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Adobe dan
program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk
membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan
situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan kemampuan untuk
membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan
untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan
yang lainnya.
Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia
mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk
mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan
program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML, dapat
dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai keunggulan antara lain kecil dalam
ukuran file outputnya. Aplikasi Flash merupakan sebuah standar aplikasi
industri perancangan animasi web dengan peningkatan pengaturan dan perluasan
kemampuan integrasi yang lebih baik. Flash juga dapat digunakan untuk
mengembangkan secara cepat aplikasi-aplikasi web yang kaya dengan pembuatan
script tingkat lanjut.
II. Sejarah
Sejarah Flash dapat ditelusuri kembali ke tahun
1980-an, ketika siswa SMA Jonathan Gay menggunakan komputer Apple II yang sudah
tua umurnya untuk membuat program gambar komputer. Dia mengajukan dan
mengikutsertakan program yang dikenal sebagai SuperPaint dalam pameran sains
sekolah. Setelah dia menang, program buatannya menarik perhatian bagi
pengembang software lokal Charlie Jackson.
Jackson sedang dalam proses memulai sebuah perusahaan
yang dikenal sebagai Silicon Pantai Software, yang akan menghasilkan program
untuk jenis komputer Macintosh. Dengan sedikit dana yang tersedia untuk
mempekerjakan para pengembang berpengalaman, Jackson Gay disewa untuk membantu
menciptakan program-programnya.
a. Peluncuran FutureWave
Ia mendirikan FutureWave Software pada Januari 1993
dan dengan segera membuat SmartSketch. Program ini memungkinkan pengguna untuk
menggambar secara elektronik pada komputer mereka dan sedikit berhasil karena
Gay terlambat masuk ke pasar tersebut sehingga kalah saingan dengan senior-seniornya
b. Membuat Flash
Pada musim panas 1995, SmartSketch memperoleh masukan
dari penggunanya agar SmartSketch dapat digunakan untuk membuat animasi. Namun
FutureWave agak pesimis mengenai pemasarannya, karena pada saat itu animasi
hanya didistribusikan dengan VHS atau CD-ROM.
Kemudian World Wide Web mulai mengembangkan sayapnya,
dimana grafik dan animasi menjadi vital. FutureWave melihat kesempatan ini
untuk memasarkan aplikasi yang mampu menghasilkan animasi dua dimensi. Kemudian
SmartSketch sedikit dimodifikasi menjadi SmartSketch Animator. Namun, nama
SmartSketch Animator dirasakan kurang menjual, sehingga nama tersebut diubah
menjadi CelAnimator. Tetapi kemudian, karena kuatir dicap sebagai aplikasi
pembuat kartun, CelAnimator diubah menjadi FutureSplash Animator.
c. Macromedia
FutureSplash animator yang begitu sukses di pasar
komputer dan Microsoft mendekati para pengembang hanya dalam beberapa bulan
dari rilis program tersebut. Microsoft merencanakan versi online dari MSN dan
percaya bahwa FutureSplash akan memberikan kualitas grafis terhalus dan
tertinggi. Disney Online juga menggunakan program tersebut untuk mengembangkan
situs web mereka. Pada bulan November 1996, Macromedia menawarkan untuk membeli
program dan pada bulan Desember Gay menerimanya. Macromedia Kemudian
FutureSplash Animator diubah namanya menjadi Macromedia Flash 1.0 dan
mempekerjakan Jonathan Gay sebagai Technology Vice President.
II I. Perkembangan Flash
Seiring dengan perkembangannya, Flash berkembang dan
mempunyai beberapa versi yang diciptakan hingga tahun ini. Adapun riwayat
produk perkembangan flash mulai dari tahun 1996 hingga perkiraan tahun 2010
adalah sebagai berikut:
1. FutureSplash Animator (April 10,
1996)
Versi flash dengan tool editing dan timeline dasar
FutureSplash Animator diluncurkan pada10 April 1996.
2. Macromedia Flash 1 (November 1996)
Versi ulang dari FutureSplash
Animator. Dirilis pada November 1996
3. Macromedia Flash 2 (June 1997)
Dirilis pada Juni 1997 dengan Flash
Player 2, termasuk fitur baru, object library atau tempat penyimpanan objek
yang di import dari luar.
4. Macromedia Flash 3 (May 31, 1998)
Dirilis pada 31 Mei 1998 dengan Flash Player 3,
termasuk fitur-fitur baru, seperti: movieklip elemen, JavaScript plug-in
terintegrasi, transparansi.
5. Macromedia Flash 4 (June 15, 1999)
Dirilis pada 15 Juni 1999 dengan
Flash Player 4, fitur baru termasuk: variable internal, sebuah field input,
ActionScript yagn lebih maju, dan streaming MP3.
6. Macromedia Flash 5 (August 24, 2000)
Dirilis pada 24 Agustus 2000 dengan Flash Player 5,
fitur-fitur baru termasuk: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, sehingga
sangat mirip dengan JavaScript di sintaks), XML support, Smartclips (pendahulu
untuk komponen dalam Flash), HTML tambahan format untuk teks dinamis (dynamic
text)
7. Macromedia Flash MX (as version 6,
released on March 15, 2002)
Dirilis pada 15 maret 2002 sebagai macromedia Flash
versi 6, dengan Flash Player 6, termasuk fitur baru seperti: Video codec,
Unicode , UI Components , compression , ActionScript vector drawing API .
8. Macromedia Flash MX 2004 (as version
7, released September 9, 2003)
Dirilis pada 9 September 2003 sebagai macromedia Flash
versi 7, dengan Flah Player 7, termasuk fitur baru seperti: Actionscript 2.0
(yang memungkinkan sebuah pemrograman yang berorientasi objek model untuk
Flash) (meskipun itu kurang dalam fungsi membantu script versi lainnya, berarti
Actionscript hanya bisa mengetik secara manual), perluasan layer (JSAPI), alias
text support, timeline effects.
9. Macromedia Flash 8 (released on
September 13, 2005)
Dirilis pada tanggal 13 September 2005, Macromedia
Flash Basic 8 adalah sebuah kekurangan yang kaya fitur versi pada tool flash
authoring yang targetnya pada pengguna baru yang hanya ingin melakukan gambar
dasar, anmasi dan interaktif.) dengan Flash Player 8, produk versi ini memiliki
dukungan yang terbatas untuk video dan grapik yang lebih lanjut serta efek
animasi. fitur yang ditambahkan terfokus pada ekspresif, kualitas, video, dan
mobile authoring.
10. Adobe Flash CS3 Professional (as
version 9, released on April 16, 2007)
Flash CS3 merupakan versi pertama
flash yang dirilis dibawah nama Adobe. Namanya berubah dikarenakan Macromedia
yang merupakan produsen pembuat flash profesional kini telah merjer dengan
adobe corp. Sebagai versi 9 dari flash sebelumnya dirilis pada tanggal 16 April
2007.
Fitur CS3 dukungan penuh untuk ActionScript 3.0, memungkinkan
seluruh aplikasi untuk dikonversi menjadi ActionScript, penambahan integrasi
lebih baik menambahkan dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop, dan
juga menyediakan gambar Vector yang lebih baik, menjadi lebih seperti Adobe
Illustrator dan Adobe Fireworks.
11. Adobe Flash CS4 Professional (as
version 10, released on October 15, 2008)
Dirilis pada 15 oktober 2008 sebagai versi 10 pada
flash sebelumnya, memiliki fitur baru diantaranya: dasar manipulasi animasi 3
dimensi, objek berbasis animasi, penyempurnaan text, dan perkembangan lebih
lanjut untuk ActionScript 3.0. Flash CS4 ini memungkinkan pengembang untuk
lebih efisien dan cepat membuat animasi dengan banyak peningkatan fitur yang
tidak disertakan dalam versi sebelumnya.
12. Adobe Flash CS5 Professional (as
version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper”)
Sebagai versi 11, yang akan dirilis pada musim semi
tahun 2010, dengan nama kode “Viper” ini Berisi format teks yang lebih
ditingkatkan, editor kode yang diperbaiki, dan yang lebih extensible.
Diantara keunggulan Flash Actionscript 3.0 dibandingkan Flash Actionscript 2.0 ialah :
1. Lebih Powerfull
2. Versi terbaru
3. Lebih banyak digunakan di perusahaan-perusahaan
Dan sbb :
Terdiri Dari 2 Bahasa:
1. Bahasa Inti
2. Flash Player API (Application Protokol Interface = Memungkinkan Beda Platform Dapat Saling Berkomunikasi, Contoh: Flash AS3 -> Mobile)
3. CMAScript untuk XML (E4X) transformasi XML menjadi tipe data asli, secara dramatis menyederhanakan pemrosesan XML
4. Tampilan daftar API yang baru membuat bekerja dengan visual object menjadi jauh lebih mudah dan konsisten.
5. Standarisasi DOM event model, cara object berkomunikasi dan menanggapi objek satu sama lain pada saat runtime.
6. Runtime Exeption ActionScript 3.0 lebih banyak menjelaskan tentang kondisi error dibandingkan versi sebelumnya dari ActionScript.
7. Dalam ActionScript 2.0, tipe anotasi terutama bantuan untuk pengembang saat runtime, semua nilai yang dynamically typed. Dalam ActionScript 3.0, tipe informasi yang disimpan saat runtime dan dimanfaatkan untuk beberapa tujuan.
8. Flash Player runtime melakukan pemeriksaan pengetikan, meningkatkan sistem keamanan. Jenis informasi ini juga digunakan untuk mewakili variabel dalam mesin asli representasi, meningkatkan kinerja dan mengurangi penggunaan memori.
9. ActionScript 3.0 memperkenalkan konsep kelas yang tertutup rapat (Encapsulation). Atau yang biasa di kenal Object Oriented Programming.
10. Event handling disederhanakan dalam ActionScript 3.0 berkat method closures, yang menyediakan built-in delegasi.
11. ActionScript 3.0 mengimplementasi penuh ECMAScript untuk XML (E4X), baru-baru ini sebagai standar ECMA-357. E4X secara natural menawarkan fasih bahasa set konstruksi untuk memanipulasi XML. Tidak seperti tradisional parsing XML API, E4X membuat XML merasa seperti tipe data asli dari bahasa. E4X mengeffektifkan pengembangan aplikasi yang memanipulasi XML dengan secara drastis mengurangi jumlah kode yang dibutuhkan.
Riwayat Produk:
• FutureSplash Animator (10 April 1996)
• Flash 1 (Desember 1996)
• Flash 2 (Juni 1997)
• Flash 3 (31 Mei 1998)
• Flash 4 (15 Juni 1999)
• Flash 5 (24 Agustus 2000) – ActionScript 1.0
• Flash MX (versi 6) (15 Maret 2002)
• Flash MX 2004 (versi 7) (9 September 2003) – ActionScript 2.0
• Flash MX Professional 2004 (versi 7) (9 September 2003)
• Flash Basic 8 (13 September 2005)
• Flash Professional 8 (13 September 2005)
• Flash CS3 Professional (sebagai versi 9,16 April 2007) – ActionScript 3.0
• Flash CS4 Professional (sebagai versi 10, 15 Oktober 2008)
• Adobe Flash CS5 Professional (as version 11, to be released in spring of 2010, codenamed “Viper)
Namun secara garis besar, fungsi dari tool-tool yang ada pada macromedia dan adobe masih tetap sama.
0 comments:
Post a Comment