tutorial lengkap membuat game puzzle adobe flash



 Tutorial Lengkap Membuat Game Puzzle Adobe Flash

Selamat datang di BLOG ORANG IT, setelah melewati masa-masa UAS dengan tuntutan project dan sidang yang mendebarkan Alhamdulillah semua berjalan lancar walau sedikit berliku.  Masih ingat Postingan saya yang sebelumnya  CARA MEMBUAT CRUD DENGAN CAPCHA DALAM SATU HALAMAN PAGE.

Pada kesempatan kali ini saya akan share Tutorial Membuat Game Puzzle Harta Karun dengan Adobe Flash CS5 maupun Macromedia Flash 8 , hanya sekedar untuk merefresh ingatan saya saja. Menurut saya tidak ada bedanya belajar animasi 2D dengan Adobe Flash CS5 maupun Macromedia Flash 8 karena letak perbedaanya hanyalah pada letak menu saja dan saya rekomendasikan untuk menggunakan Adobe Flash CS5 karena itu yang saya pakai, untuk pengguna macromedia flash tenang saja karena hasil projectnya  nanti tetap bisa dibuka di Adobe Flash .


Bahan yang dibutuhkan :

      1.      Gambar yang akan di jadikan Puzzle, bisa di potong  menggunakan Software Adobe Photoshop maupun langsung didalam Software Flash
      2.      Download Adobe Flash CS5  (untuk serialnya cari di google) atau Download Macromedia Flash 8 (part1) , Download Macromedia Flash 8 (part2)
      3.      Beberapa makanan ringan dan minum tentunya

Tutorial singkat membuat Game Flash dengan Adobe Flash CS 5 , sama saja untuk Macromedia Flash 8 :

     1.      Masukkan gambar pilih File - import - import to library ( CTRL + R)
     2.      Masuk Pada Scene 1 , pilih New Layer berinama BackGround , klik kanan pada layer1 – insert key frame (untuk memasukkan BackGround seret saja gambar dari library ke scene1 ) taruh paling bawah . Ada Frame  1 -  4 .Pada Frame 1 merupakan halaman awal kemudian Frame 2 adalah isi dari game Puzzle, Frame 3 halaman kalah , Frame 4 halaman menang



     3.      Buat New Layer Beri nama Object , tarik Gambar pada Library kedalam Lembar Scene 1 kemudian klik Gambar lalu pilih menu view - grid – pastikan centang show grid dan pada edit grid isikan 90px 90px ( untuk memudahkan proses pemotongan )selanjutnya pada menu modify – break a part ( CTRL + B ) (Proses Pemotongan Gambar). 



  

      Setelah grid tampil silahkan potong gambar sesuai ukuran garis kotak menggunakan Mouse, tentukan sendiri ukuranya ya




      Kita potong menjadi 11 bagian, setiap bagian kita convert dulu kedalam movie clip caranya klik bagian 1 kemudian klik kanan convert to symbol



Lakukan langkah yang sama sampai bagian yang ke 11, kemudian klik bagian 1 kemudian pilih tab properties di sebelah kanan , kalau Macromedia Flash di bawah kemudian beri nama variable satu , dua, tiga dst sampai sebelas




    4.      Masih ditempat yang sama Copy bagian Puzzle 1-11 tadi dan paste kan disampingnya caranya Shift + Klik bagian 1-11(klik satu-satu) , ingat rubah variable nya menjadi target1, target2 dst sampai target11



Agar transparent pilih pada tab properties – color alpha – isikan 50%, tahap selanjutnya adalah menginputkan Script
Pada layer Object Frame 3 insert keyframe dan Frame 4 insert keyframe , pada frame 3 beri pesan maaf anda belum berhasil dan frame 4 selamat anda berhasil (Ketikkan pada scenenya)





     5.      Buat Layer baru, berinama Script / Action taruh dibagian atas. Kita potongan puzzle diatas terletak pada layer Object Frame 2 , pada layer Action Frame 2 klik kanan pilih Insert Key Frame kemudian pada titiknya klik kanan lagi pilih Action




Kemudian muncul halaman Coding , lihat gambar dibawah
 




Tidak usah dipikir susah tinggal copas aja text dibawah 



stop();

var nilai = 0;


xawala = a._x; //bagian1
yawala = a._y;

satu.onPress = function () {  //satu nama variable tadi
    this.startDrag (); }

satu.onRelease = function () {

    this.stopDrag ();
    if (this.hitTest (target1)) {
       this._x = _root.target1.x_;
       this._y = _root.target1.y_; // target1 merupakan nama bagian puzzle yang dijadikan –
//-frame/di alphakan tadi
       satu._visible=false;
       target1._alpha=100;
       nilai ++;
       if (nilai == 11) {    //jumlah bagian puzzle
       gotoAndPlay("finish")
}
} else {
   this._x= xawala;
   this._y= yawala;

}
} //end

xawalb = b._x; //bagian2
yawalb = b._y;

dua.onPress = function () {
    this.startDrag ();

}

dua.onRelease = function () {

    this.stopDrag ();
    if (this.hitTest (btarget)) {
       this._x = _root.target2.x_;
       this._y = _root. target2.y_;
dua._visible=false;
       target2._alpha=100;
       nilai ++;
       if (nilai == 11) {
       gotoAndPlay("finish")
}
} else {
   this._x= xawalb;
   this._y= yawalb;

}
}// end dan seterusnya sampai 11 bagian tuh sudah saya kasih keterangan tingan di copas aja

Ingat pada layer Action setiap Frame di kasih Script stop(); // supaya tidak bablas aja , ingat ada 4 frame

Kemudian jalankan CTRL + Enter untuk menjalankan

     6.      Memberikan lagu untuk setiap frame ( Halaman awa l, isi , menang , kalah), Masukkan lagu file – import to library dan browse .mp3, .wav ( format lagu ) , setealh lagu berhasil di import cek library disebelah kanan layar lihat lagunya apakah sudad ada atau belum.
Kalau sudah klik kanan pada lagu pilih properties dan pada identifier nya missal kasih nama awal untuk halaman awal lihat pic :




buat new layer beri nama lagu dan ini Scrip untuk lagunya , (Frame 1 klik kanan action)


stop();

nilai=0;
lagu=new Sound();                  //nama variable lagu terserah mau diganti
lagu.attachSound("awal");   //nama lagunya tadi
lagu.stop();
lagu.start(0,999);                  //lagu diulang sebanyak 999 kali
lagu.setVolume(120);         // volume 120
  
Selesai silahkan dijalankan Ctrl + Enter  ,
Kalau mau refrensi dari contoh tutorial diatas tinggal download saja ada file mentahnya .fla nya

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 comments: