Tutorial Lengkap Membuat Game Puzzle Adobe Flash
Selamat
datang di BLOG ORANG IT, setelah melewati masa-masa UAS dengan tuntutan
project dan sidang yang mendebarkan Alhamdulillah semua berjalan lancar walau
sedikit berliku. Masih ingat Postingan
saya yang sebelumnya CARA MEMBUAT CRUD DENGAN CAPCHA DALAM SATU HALAMAN PAGE.
Pada
kesempatan kali ini saya akan share Tutorial
Membuat Game Puzzle Harta Karun dengan
Adobe Flash CS5 maupun Macromedia Flash 8 , hanya sekedar untuk merefresh
ingatan saya saja. Menurut saya tidak ada bedanya belajar animasi 2D dengan
Adobe Flash CS5 maupun Macromedia Flash 8 karena letak perbedaanya hanyalah
pada letak menu saja dan saya rekomendasikan untuk menggunakan Adobe Flash CS5
karena itu yang saya pakai, untuk pengguna macromedia flash tenang saja karena
hasil projectnya nanti tetap bisa dibuka
di Adobe Flash .
Bahan yang dibutuhkan :
1. Gambar yang akan di jadikan Puzzle, bisa di
potong menggunakan Software Adobe
Photoshop maupun langsung didalam Software Flash
2. Download Adobe Flash CS5 (untuk serialnya cari di google) atau Download
Macromedia Flash 8 (part1) , Download Macromedia Flash 8 (part2)
3. Beberapa makanan ringan dan minum
tentunya
Tutorial singkat membuat Game Flash dengan Adobe Flash CS 5 , sama saja
untuk Macromedia Flash 8 :
1. Masukkan gambar pilih File - import - import to library ( CTRL + R)
2. Masuk Pada Scene 1 , pilih New Layer berinama
BackGround , klik kanan pada layer1 –
insert key frame (untuk memasukkan BackGround seret saja gambar dari
library ke scene1 ) taruh paling bawah . Ada Frame 1 - 4
.Pada Frame 1 merupakan halaman awal
kemudian Frame 2 adalah isi dari game
Puzzle, Frame 3 halaman kalah ,
Frame 4 halaman menang
3. Buat New Layer Beri nama Object , tarik Gambar pada
Library kedalam Lembar Scene 1 kemudian klik Gambar lalu pilih menu view - grid – pastikan centang show grid
dan pada edit grid isikan 90px 90px ( untuk memudahkan proses pemotongan
)selanjutnya pada menu modify – break a
part ( CTRL + B ) (Proses Pemotongan Gambar).
Setelah grid tampil silahkan potong gambar sesuai ukuran garis kotak
menggunakan Mouse, tentukan sendiri ukuranya ya
Kita potong menjadi 11 bagian, setiap
bagian kita convert dulu kedalam movie clip caranya klik bagian 1 kemudian klik kanan convert to
symbol
Lakukan langkah yang sama sampai bagian yang ke 11,
kemudian klik bagian 1 kemudian pilih
tab properties di sebelah kanan , kalau Macromedia Flash di bawah kemudian beri nama variable satu , dua, tiga dst sampai sebelas
4.
Masih
ditempat yang sama Copy bagian Puzzle 1-11 tadi dan paste kan disampingnya
caranya Shift + Klik bagian 1-11(klik
satu-satu) , ingat rubah variable nya menjadi target1, target2 dst sampai target11
Agar
transparent pilih pada tab properties –
color alpha – isikan 50%, tahap selanjutnya adalah menginputkan Script
Pada layer Object Frame 3 insert keyframe dan Frame 4
insert keyframe , pada frame 3 beri pesan maaf anda belum berhasil dan
frame 4 selamat anda berhasil (Ketikkan pada scenenya)
5. Buat Layer baru, berinama Script / Action taruh dibagian atas. Kita potongan puzzle diatas
terletak pada layer Object Frame 2 , pada layer Action Frame 2 klik kanan pilih Insert Key Frame
kemudian pada titiknya klik kanan lagi
pilih Action
Kemudian muncul
halaman Coding , lihat gambar dibawah
Tidak usah
dipikir susah tinggal copas aja text dibawah
stop();
var nilai =
0;
xawala =
a._x; //bagian1
yawala =
a._y;
satu.onPress
= function () { //satu nama variable
tadi
this.startDrag (); }
satu.onRelease
= function () {
this.stopDrag ();
if (this.hitTest (target1)) {
this._x = _root.target1.x_;
this._y = _root.target1.y_; // target1
merupakan nama bagian puzzle yang dijadikan –
//-frame/di
alphakan tadi
satu._visible=false;
target1._alpha=100;
nilai ++;
if (nilai == 11) { //jumlah bagian puzzle
gotoAndPlay("finish")
}
} else {
this._x= xawala;
this._y= yawala;
}
} //end
xawalb =
b._x; //bagian2
yawalb =
b._y;
dua.onPress
= function () {
this.startDrag ();
}
dua.onRelease
= function () {
this.stopDrag ();
if (this.hitTest (btarget)) {
this._x = _root.target2.x_;
this._y = _root. target2.y_;
dua._visible=false;
target2._alpha=100;
nilai ++;
if (nilai == 11) {
gotoAndPlay("finish")
}
} else {
this._x= xawalb;
this._y= yawalb;
}
}// end dan seterusnya sampai 11
bagian tuh sudah saya kasih keterangan tingan di copas aja
Ingat pada
layer Action setiap Frame di kasih Script
stop(); // supaya tidak bablas aja , ingat ada 4 frame
Kemudian jalankan
CTRL + Enter untuk menjalankan
6. Memberikan lagu untuk setiap frame ( Halaman awa l,
isi , menang , kalah), Masukkan lagu file
– import to library dan browse .mp3, .wav ( format lagu ) , setealh lagu
berhasil di import cek library disebelah kanan layar lihat lagunya apakah sudad
ada atau belum.
Kalau sudah
klik kanan pada lagu pilih properties dan pada identifier nya missal kasih nama
awal untuk halaman awal lihat pic :
buat new layer beri nama lagu dan ini Scrip untuk lagunya , (Frame 1 klik kanan action)
stop();
nilai=0;
lagu=new
Sound(); //nama variable lagu
terserah mau diganti
lagu.attachSound("awal"); //nama lagunya tadi
lagu.stop();
lagu.start(0,999); //lagu diulang sebanyak 999 kali
lagu.setVolume(120); // volume 120
Selesai
silahkan dijalankan Ctrl + Enter ,
Kalau mau
refrensi dari contoh tutorial diatas tinggal download saja ada file mentahnya .fla
nya
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBisa minta file nya gak gan
ReplyDelete